Manfaatkan Area Tanah Kosong di Belakang Rumah, Buat Kebun Mini dengan Modal Minim!

Lahan-lahan kosong yang seharusnya ditumbuhi tumbuhan hijau dan tempat bercocok tanam kini sudah banyak berubah menjadi gedung-gedung tinggi tempat aktivitas ekonomi. Terutama di kawasan perkotaan. Tanah lapang yang juga seharusnya menjadi area resapan air pun mulai sulit dijumpai. Ironis memang, modernisasi seolah membuat manusia jauh dari lingkungan hijau yang asri.


Tapi belakangan muncul tren urban farming. Apakah itu? Sederhananya, urban farming didefinisikan sebagai konsep berkebun di tengah kota. Dalam beberapa tahun terakhir, tren urban farming mulai meningkat di kota-kota besar di Indonesia. Bahkan tren ini sudah lama diterapkan oleh masyarakat di kota-kota metropolitan di dunia. Mulai dari memanfaatkan lahan kosong belakang rumah, dinding hingga ruang terbuka di atap.

Berkebun di kota dianggap sebagai salah satu sebagai jawaban atas kegelisahan dalam menyikapi tingkat polusi yang memburuk karena tidak seimbang dengan keberadaan kawasan hijau. Selain itu, konsep ini digadang-gadang sebagai salah satu cara untuk meningkatkan ketahanan pangan. Jika Anda pun saat ini memiliki lahan kosong, di belakang rumah misalnya, mengapa tidak mencoba menjadikannya sebagai tempat bercocok tanam atau berkebun? Anda bisa membuat kebun mini dengan modal yang minim lho!

Anda dapat mulai berkebun di belakang rumah dengan menanam sayuran yang sering dikonsumsi. Misalnya cabai, untuk antisipasi kala harga cabai naik berkali-kali lipat. Contoh lainnya tomat, seledri, selada, dan kale. Atau bisa juga bumbu dapur yang berbentuk dedaunan seperti basil, cilantro, rosemary, dan oregano.

Tanaman yang ditanam sendiri umumnya lebih minim pestisida sehingga lebih aman untuk dikonsumsi oleh anggota keluarga, terutama anak-anak. Bahan makanan yang diolah dalam keadaan segar juga akan terasa lebih nikmat. Dan pastinya dapat menghemat pengeluaran dan meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik. Bagaimana, sudah siap berkebun di rumah?

Dalam penerapannya, urban farming bisa dipraktekan dengan berbagai metode penanaman. Mulai dari hidroponik, aeroponik, hingga vertikultur. Misal Anda tertarik untuk bercocok tanam secara hidroponik. Tanpa perlu keluar banyak biaya, Anda bisa mempraktekan metode hidroponik dengan wick system (teknik larutan statis). Alat dan bahan yang dibutuhkan relatif mudah didapat. Bahkan bisa memanfaatkan barang tak terpakai seperti botol air mineral bekas. Caranya?

1. Potong botol air mineral bekas menjadi 2 bagian.

2. Lubangi bagian tutup botol, kemudian pasangi sumbu atau kain flanel.

3. Satukan kembali kedua bagian botol, tetapi bagian atas botol yang sudah bersumbu ditempatkan dengan posisi terbalik.

4. Tempatkan bibit yang sudah ditanam disemai beserta media tanam sebelumnya. Media tanam untuk menyemai bibit bisa memanfaatkan tanah, arang sekam, pasir, sabut kelapa, atau rockwool. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan rockwool yang bisa dibeli di toko-toko pertanian. Pasalnya, rockwool memiliki karakteristik dapat mengikat air dengan baik.

5. Isi bagian botol bawah dengan larutan nutrisi. Pastikan sumbu atau kain yang dipakai dapat menyerap air dengan baik. Gunakan pula air bersih. Nutrisi untuk larutan bisa dibeli di toko-toko pertaninan. Misalnya Nutrisi AB Mix.

Di lahan belakang rumah, Anda juga bisa berkebun dengan memanfaatkan rak bertingkat guna menghemat tempat. Wadah tanam bisa mengguanakn pot-pot kecil dengan media tanam tanah. Anda bisa menanam sayuran atau bumbu dapur. Pastikan agar tanaman mendapatkan air dan pencahayaan yang cukup agar dapat berfotosintesis dengan baik. Tapi pastikan juga bibit yang digunakan berkualitas unggul agar hasilnya maksimal.

Jangan salah, selain bisa untuk dikonsumsi sehari-hari, berkebun di rumah juga bisa menambah penghasilan selama digeluti secara serius. Bahkan omzetnya mencapai angka belasan hingga puluhan juta rupiah per bulan. Sudah ada kok orang-orang yang membuktikannya.

Ingin memiliki bangunan yang bagus dan unik sesuai impian anda ? Dengan tampilan interior yang stylish dan mengagumkan ? Desain sendiri bangunan impianmu dan komunikasi kan langsung dengan designer terbaik kami dengan menghubungi :

WA/SMS/TLP : Denny - 085 640 220 094 
Email : dennyprawibowo@gmail.com 
www.efratakontraktor.blogspot.com

#arsiteksemarang #kontraktorsemarang #jasaarsitek #arsitekinterior #jasabangunrumahsemarang#desainrumah #kontraktor #arsitektur #arsitekkontraktor #kontraktormall #kontraktorhotel#kontraktoroffice #kontraktorapartemen #arsitekmall #arsitekhotel #desainrumahunik#jasadesainarsitek #jasadesainrumah #jasadesainmall #kontraktorbangunan #tukangbangunan#interiordesign #interiorrumah #kontraktorsemarang #furnitureinterior #furnituresemarang#furnituresemarangonline #furniturejawatengah #furniturebali #kontraktorrumah#kontraktorhotel #lemaribawahtangga #desainrumahminimalis #desainkamar #desainruangtamu#desainrumahunik #desaininteriormurah #jasadesaininterior #furnituresemarangmurah#efratainterior #moderndesign #bedroomdecor #desaininteriorsemarang #interiorsemarang#desainsemarang #kontraktorsemarang #interiorkudus #interiorsolo #interiorpekalongan#desaininteriorsolo #desaininteriorkudus #desaininteriorpekalongan #kontraktorkudus#kontraktorsolo #kontraktorpekalongan #kontraktorsurabaya #kontaktorbandung #kontraktorbali#kontraktorindonesia #kontraktorbangunan #kontraktormurahsemarang#Kontraktorbangunansemarang #Kontraktorhotelsemarang #Kontraktorperumahansemarang #Jasabangunrumahsemarang #Jasarenovasirumahsemarang #Kontraktorapartemensemarang#Jasadesaindanbangunrumahsemarang #Arsiteksemarang #Arsitekrumahsemarang#Kontraktorbajasemarang #Jasabikinkanopisemarang #Kontraktordanjasabangungudangsemarang#Kontraktormekanikalelektrikalsemarang







Komentar